Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

pengertian jaringan komputer


Selamat datang para pembaca yang baik hatinya, kebetulan saya ada waktu luang dan waktu ini saya gunakan untuk menulis beberapa paragraf yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda. Sudah lama sekali saya tidak menulis artikel setelah terakhir saya menulis tentang cara memasang profil fb di blog , dan sekarang sedikit dari pembelajaran jaringan komputer yaitu tentang jaringan komputer.


Macam-macam-Jaringan-KomputerJaringan komputer adalah interkoneksi antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transaksi kabel atau bahkan tanpa kabel (wireless). Autonomous berarti sebuah komputer dapat melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh sehingga dapat membuat komputer lain mengalami shutdown , restart, kehilangan file, atau kerusakan sistem.
Pengertian lain dari autonomous adalah jaringan yang independen dan mempunyai menejemen sistem sendiri (punya admin sendiri), memiliki topologi jaringan sendiri, hardware dan software sendiri, dan di koneksikan dengan jaringan autonomous lain.
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data atau informasi, berbagi sumber daya yang dimiliki seperti file, printer, media penimpanan, datav berupa teks, audio maupun video,( atau bisanya di sebut sharing), mampu bergerak melalui media kabel maupun tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer saling bertukar file atau data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware atau software yang terhubung dalam jaringan.
Tiap komputer, printer atau pheripheral yang terhubung dalam jaringan disebut dengan node. Sebuah jaringan komputer sekurang kurangnya terdiri dari dua unit komputer, tidak ada jumlah node maksimal dalam sebuah jaringan, suatu jaringan dapat terdiri dari puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.
 Sistem koneksi antar komputer dibagi 2 yaitu peer to peer dan client-server. Jaringan komputer dibagi menjadi 3 jenis yaitu local area network (LAN), metropolitan area network (MAN), wide area network (WAN). Sebelum jaringan komputer populer, dikenal sistem terdistribusi (distributed system). Sistem terdistribusi pada dasarnya hampir sama dengan jaringan komputer, hanya perangkat lunak saja yang berbeda . sedangkan internet mulai dikenal pada tahun 1957 saat itu internet bernama ARPANET dan hanya menghubungkan beberapa komputer saja. Penggunaan jaringan komputer dapat memberikan kita beberapa manfaat, antara lain resource sharing, saving money, dan high reliability. Namun jaringan komputer juga menimbulkan beberapa masalah serius, contohnya penyebaran materi materi yang bernilai negatif manjadi lebih cepat dan mudah.
itulah sekilas pengertian dari jaringan komputer, dan jika ada kesalahan penulisan atau pengertian saya memohon maaf yang sebesar besarnya. sampai jumpa lagi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar